LMS

Preview Moodle Vs Dokeos

Setelah mengenal CMS Joomla sampai selesai membangun portal untuk lembaga, langkah berikutnya adalah membuat ‘rumah’ untuk keperluan E-Learning.

Googling di internet dengan pencarian utama LMS opensource, akhirnya bertemu dengan beberapa kandidat, yaitu: Moodle, Atutor, dan Dokeos. Pertama yang saya coba adalah Moodle. Alasan utamanya adalah LMS ini telah begitu banyak dipakai oleh institusi pendidikan di seluruh dunia. Selain itu, fitur-fitur yang terdapat dalam Moodle boleh dibilang cukup memadai untuk keperluan E-Learning.

Berikutnya, coba membuat dengan menggunakan Dokeos. Dari sisi wadah/penampilan defaultnya, Dokeos terlihat lebih elegan dan enak dilihat dibanding Moodle. Mungkin juga karena saya baru belajar dan belum sempat melakukan tweak sana-sini, termasuk tampilan. Sering, saya masih berpikir untuk mencari tampilan yang bagus. Itu semata-mata karena seringkali orang menilai “buku” dari covernya saja, bukan isinya. Jadi, tampilan tetap memiliki point atau bobot tersendiri. Untuk Moodle, telah banyak tersedia model-model template untuk memperindah tampilan, salah satunya bisa anda dapatkan di www.themza.com .

Untuk bereksperimen, saya memakai OS Windows dan XAMPP untuk keperluan penunjang localhost untuk moodle dan dokeos. Setelah mencoba beberapa hal di moodle, termasuk bagaimana membuat konten untuk multimedia interaktif mulai dari gambar statis sampai animasi serta video, Saya merasakan bahwa ada beberapa hal yang mungkin akan menyulitkan pengajar/dosen ketika mereka harus memasukkan sendiri rich multimedia konten ke dalam Moodle. Jadi, harus ada pendampingan dulu pengajar dengan orang teknis yang menguasai Moodle.

Untuk Dokeos, belum sempat banyak mencoba. Ada satu yang menurut saya langsung bisa terasa perbedaannya dengan Moodle, yaitu waktu loading untuk membuka suatu topik atau link pada Moodle lebih lama dibanding Dokeos. Yang jelas, saya belum mengukur perbedaan waktu kecepatan loadingnya dan saya masih menggunakan di localhost.

Bersambung…

Leave a Reply

