Dunia Digital

Internetan pake Modem EVDO Axesstel MV140b SMART Jump di Ubuntu Linux 9.04

Screenshot-3
SMART

Update:

Per Mei 2010, saya sudah tidak pakai SMART lagi…. di daerah sekitar Bintaro, kecepatan sudah sangat lambat bahkan hanya untuk sekedar browsing saja sudah susah…..

Smart baru saja mengeluarkan paket internet murah dengan tawaran yang cukup menggiurkan. Pada awalnya masih agak ragu karena banyak dengar daerah blank spot-nya.

Akhirnya, mampirlah ke gerai Smart di Bintaro. Sebelum lebih jauh, saya langsung minta didemokan kecepatan jaringan smart di Bintaro. Dari beberapa kali hasil test terlihat kalo jaringan SMART memang tidak terlalu sekuat Telkom atau Indosat. Kecepatan saat test masih berada dibawah 1Mbps, jauh dari 3.1mbps yang diiklankan. Puas tes drive, CS-nya menawarkan dua paket pasca dan prabayar. Tadinya mau milih yang pascabayar karena cuma bayar biaya langganan Rp189rb sebulan selama setahun gratis modem. Cuma, harus pake kartu kredit mandiri atau BCA. Setelah dipikir-pikir, saya ambil paket prabayar saja. Selain lebih fleksibel dalam mengambil paket, saya juga tak terlalu suka sesuatu ‘yang terikat’.

Bila dibandingkan dengan telkomflash halo yang saya pake selama ini, paket SILVER yang 512kbps cuma perlu Rp75ribu sebulan!!! tarif Fastnet-pun yang termurah masih kalah dengan tawaran SMART. Informasi selanjutnya, coba browsing sendiri di Smart

Screenshot-4
Modem Axesstel MV140B

Berikut ini screenshot hasil dari speedtest dg lokasi di daerah Bintaro (didalam rumah, sinyal dapat 3 bar)

Screenshot-2
Hasil speedtest - Lokasi Bintaro

Coba-coba pake Ubuntu 9.04

Fasilitas modem Axesstel MV140b yang dibundling dari SMART ternyata cukup banyak (Selain dapat gratis tiket masuk ke Ocean Park untuk 6 orang hehehe).

Modem ini ternyata dapat dipakai untuk menelpon ataupun menerima telpon (meski harus dicolokkin ke komputer). Untuk instalasi di windows Vista atau XP tidak ada masalah sama sekali, lancar dan langsung bisa tancap gas. Bahkan, bila di XP, lupa tidak bawa CD driver tidak masalah, karena telah ditanamkan dalam modem USB ini file driver dan aplikasi yang siap diinstall.

Iseng-iseng, saya coba jalankan Ubuntu buat nge-test apakah modem ini dikenali atau tidak. To my surprise, ternyata Ubuntu langsung mengenali modem ini.

netmanager
Modem langsung dikenali Ubuntu

Gambar di atas menunjukkan bahwa modem Axesstel MV140b telah dikenali Ubuntu 9.04

networkmanagerapplet
Network Manager Applet Ubuntu 9.04

Ada network Manager Applet di Ubuntu 9.04 telah dapat mengenali langsung modem ini.

Yang perlu saya lakukan hanya tinggal mensetting konfigurasi network manager applets seperti gambar di bawah ini.

settingsmart
Setting pada network applet manager

Langkah-langkah setting Network Applet Manager di Ubuntu:

  1. Pada Bagian Kanan Atas, cari gambar icon wireless bar. Klik kanan, pilih Edit Connections….
netmanager2
Klik kanan icon wireless Bar pada pojok kanan atas
Screenshot-Network Connections
Edit pada Mobile Broadband

Setelah itu, muncul tampilan seperti gambar di atas ini, pilih CDMA connection, dan Edit dengan menggunakan konfigurasi seperti pada gambar di bawah ini.

settingsmart
Setting pada network applet manager

Settingnya pada dasarnya:

NUMBER: #777

USERNAME: smart

PASSWORD: smart

web SMART

Setelah itu, tutup semuanya dan kembali cari icon wireless Bar di pojok kanan atas. Klik kiri dan pilih Auto Mobile Broadband (CDMA) connection.

Tunggu sampai muncul gambar tower….

Selanjutnya….anda dapat berselancar di Ubuntu dengan nyaman….

Agung Nugroho

Bintaro, 15 Mei 2009

69 thoughts on “Internetan pake Modem EVDO Axesstel MV140b SMART Jump di Ubuntu Linux 9.04

  1. ok banget pak…thx buat share nya…saya pengguna baru ubuntu nih pak…

    saya ada pertanyaan nih pak, gimana ya caranya untuk melakukan dial dan melihat sms untuk modem axesstel?apakah diperlukan aplikasi tambahan?

  2. Halo pa Anabrang,

    minta tolong, saya beli Smart Jump dan diinstal oleh petugas galery Smart di Mal Ambassador, tpi katanya tidak bisa diinstall di notebook saya karena saya pakai OS Vista Ultimate, katnya coba pake XP atau Vista edisi Home, gimana ya pa? saya sudah coba install manual, dan tidak bisa juga, saya tidak bisa pake dual OS, karena khawatir bikin lambat notebook. atau ada alamat situs yang saya bisa download driver utk Vista Ultimate nya? bisa direply ke hikmat_mail@yahoo.com.
    Terima kasih sebelumnya,

  3. Saya sudah coba di Windows XP, Vista Business, Linux Ubuntu, dan Mac. Install drivernya tidak ada masalah.
    Untuk driver XP/Vista, coba pakai yang built-in di dalam modemnya (bukan dari CD yang disertakan pada saat beli).

    Cara menghidupkan flash drive yang built-in didalam modem ini sebagai berikut:
    1. Pastikan modem dalam keadaan mati.
    2. Tekan tombol switch on dan tahan kurang lebih 10 detik (sampai muncul kata “Hello” di layar modem)
    3. Colokkan usb Modem ke dalam PC, seharusnya muncul drive dan didalamnya ada driver dan software Axess Managernya.

    atau download di http://www.indowebster.com/Driver_dan_Software_Modem_EVDO_Axestel_MV140b.html

  4. mas kok di ubuntu 9.04 saya gk ke detek.
    apa harus instal package dulu ya?
    Trus gmn ama axesmanager nya? bisa di pake gk?

  5. @Dhony
    Gak perlu install package, bisa langsung dikenali Ubuntu 9.04 Desktop Edition.
    Axessmanager gak ada yg versi Linux….gak disediain sama Axesstel. Jadi gak bisa buat sms-an atau telpon.

  6. mas tetep gak kedetek. saya udah konek usb nya tapi gak ada respon apa2x dari ubuntu.
    saya baru instal ubuntu jadi belom ada package lain yg di instal selain package bawaan.
    package yang udah mas instal selain package bawaan dari ubuntu apa aja?
    maaf nih banyak tanya soalnya baru belajar ubuntu.

  7. @anabrang
    kira2 paket yang Rp189rb masih ada ga yah? klo ada kira2 dimana , soal tadi saya telpon CS smart katanya model yang Modem Axesstel MV140B ini udah ga ada.. paket yang Rp189rb dapat paket internet yang mana yah? thx

    1. tp pak saya pencinta gamers.saya pke axesstel setiap pagi sampai sore pasti gk bisa akses game.padahal servernya gk penuh. apa mesti pke ubuntu pak? atau emg lg masalah jaringan?

  8. @ Mr. Hikmat

    Bisa koq mas pake modem smart di OS Vista Ultimate. Kebetulan saya juga pake tuh OS & modem Axesstel Smart, ga ada masalah koq. Yang bermasalah menurut saya malah koneksi internet Smart yg semakin hari semakin parah… buat buka facebook aja ngeden bgt kayanya.

    Buat download lebih parah lagi… padahal yg dijanjiin Smart kan speed-nya upto 3.5Mb ya??? Masa buat download aja cuma di bawah 20Kb/s ???? Seringnya di bawah 10 Kb/s malah…. ck ck ck ck sangat merugikan konsumen, mending pasang Fastnet yang 500rb / bulan deh sekalian, mahal tp puas. Daripada tetep pake Smart cuma bikin emosi doang…

  9. @Toni
    Saya kurang tahu mengenai paket yg rp.189rb, sepertinya Smart sudah tidak punya stock Axesstel dan digantikan modem ZTE. Setahu saya, di Supermarket (sepertinya Giant), ada distributor yg masih menawarkan modem ini (Prabayar) tapi dengan harga rp.789rb.

  10. Kalo mao beli tanya dulu, wilayahnya sudah cover signal ev-do blom..kalo blom ya cuma dapat signal cdma 1x = max. 153 Kbps…
    Saat ini signal ev-do hanya tersedia di sedikit wilayah, mungkin hanya jakarta aja.

    Teliti sebelum membeli jangan ampe ketipuuuuuu…

  11. Mau tny pengalaman pas tes drive mas klo modem ini kan pakai baterai, apakah lama2 panas nya berlebihan? &setiap brp jm batere akan habis? klo sdh hbs maka gak bs pakai power dr cpu/laptop yah seperti modem usb lainnya..

    1 lg klo ambil paket prabayar bs dicicil apkai bca gk yah utk modemnya? tx

  12. @Bara
    Sepertinya iyah, setelah dipakai beberapa saat, baterai akan panas. Salah satu Efeknya jika dipakai lama dalam keadaan panas adalah baterai jadi tambah ‘gemuk’. Ini juga yg membuat saya khawatir dan sedang mencoba mencari baterai pengganti.

    Pada saat dipakai, baterai otomatis akan dicharge melalui kabel USB yg dicolokkan ke PC.

    Mengenai pembelian paket modem prabayar, sebaiknya anda langsung ke gerai SMART dan menanyakan ke petugas dilapangan. Setahu saya, bisa menggunakan kartu kredit. Misalnya saya pingin cicilan, karena saya pakai citibank, cukup minta dioper ke easypay biar jadi cicilan. Mengenai KK BCA, saya tidak tahu (gak punya soalnya)…

  13. Kalo untuk Slax, bisa menggunakan KPPP, nanti modem biasanya terdeteksi di dev/ttyUSB0, atau bisa dilihat dengan perintah pada console : dmesg | tail
    bila belum terdeteksi bisa menggunakan perintah modprobe

    semoga bisa membantu.

  14. jadi cek pilsanya gmna mas sy pake smart jump tp ga pernah cek pulsa….soalnya ga tau….saya pakai macbook macos X 10.6.1

    1. Saya tidak punya Macbook, tapi saya pernah install modem ini di komputer iMac dan Macpro di kantor. Sepengetahuan saya, yang diinstall hanya driver untuk Mac, tidak ada apikasi Axesstel Manager seperti yang di windows. Jadi, satu-satunya jalan untuk cek/melihat pulsa adalah dengan memanfaatkan fitur online SMART, buka di http://jump.smart-telecom.co.id/

      Selanjutnya, bagi pengguna baru, anda harus REQUEST PASSWORD, pilih opsi kirim ke email (karena kalau via sms anda akan kesulitan membuka).

      Silahkan mencoba dahulu, jika ada kesulitan, tinggalkan pesan di blog ini.

  15. Masbro-Mbaksist..
    saya udah hampir 1/2 tahun ini pakai axesstel dgn OS Vista Ultimate,
    Bbrp waktu yg lalu saya mencoba2 utk ganti OS ke windows seven..
    saya agak bingung dengan driver modenya,mohon dibantu..
    terimakasiih..

  16. @Chandra
    Bro, driver yang untuk Vista bisa dipake buat windows Seven (karena Windows 7 juga dari Vista juga)…
    Sy sdh coba pake Windows 7 dan jalan lancar

  17. salam buat semua…
    saya dikasih link dari teman buat dapetin ubuntu gratisan, trus gak lama saya dikirim 2 cd ubuntu, salah satunya untuk server. masalahnya saya gak tahu untuk apa ubuntu itu?
    Mohon pencerahan kawan2 netter…

    saya punya handpone smart modem yang harganya 399 ribu perak, apa modem ini bisa di share ke pc lain?
    terimakasih banyak atas pencerahannya…

  18. bro di bintaro sektor brp? sejak beli sampe sekarang ada penurunan kecepatan ga? rumah gw di kec. pesanggrahan berbatasan kec. keb. lama kira-kira nangkep sinyal evdo kebayoran ga ya…

  19. untuk karmic 9.10 gmana mas.. soalnya di karmik kayaknya smart ZTE Ac2726 gak langsung keditek, ada solusi? maklum newbie

  20. @Rikie,

    Bro, sepertinya ada masalah dengan Ubuntu Karmic 9.10, di forum memang ramai dibahas. Jika ingin solusi cepat, JANGAN pake versi 9.10, cukup pakai yang versi 9.04 dan dijamin lancar. Saya sudah coba ke versi 9.10 dan kesulitan karena network applet manager-nya gak jalan dan harus pake model command line atau aplikasi lain.

    Jadi, mending pake versi lama (9.04) atau tunggu lagi Ubuntu versi terbaru (atau nightly built) aja. Toh, tidak terlalu banyak perbedaan bila digunakan untuk keperluan kantor sehari-hari.

  21. Untuk GSM modem sih gak masalah bro.. saya pake telkom flash normal aja sih, emang perlu oprek dikit hehehehe cek di blok ku salsabravo1.wordpress.com (salsabravo1.co.cc), nah untuk CDMA masih belum ketemu tekniknya nih..hehehe, udah coba pake Gnome-PPP, tetep gak ditek tuh modem hehehehe..

  22. Salam kenal…mau nanya nie, Axesstel sy kok tdk bisa terdeteksi ada drivernya di dalam modemnya…jadi kalau mau install manager dan driver harus pake CD driver…apa harus di upgrade software modemnya…mohon pencerahan…

  23. SMART Axesstel MV140B dengan driver versi 1.0.8.321 ga bisa connect di XP-SP2 (bisa query tapi ga bisa connect internetnya), mohon bantuan driver khusus XP-SP2 nya.
    Karena versi Driver yang ada sekarang ternyata hanya bisa dipakai di XP-SP3/Vista. (Sudah coba di PC teman…)
    Thanks

  24. Saya sudah beberapa kali coba install Axesstel MV140B, tapi yang bisa cuma di vista bussines sedangkan di vista ultimate dan windows 7 failed terus. kenapa ya ?

    1. Mungkin perlu diinstall dengan cara klik kanan dan pilih “Run as Administrator” untuk Windows 7

  25. agan2 smua.,.
    ane mu nanya nie.,.,
    ubuntu apa yaa?? (maabh ane g tau)
    trus gmn yaa cara nginstall axesstel u windows.7???
    ane dah coba2 ko g bisa2 yaa.,.,

    mohon pencerahannya yaa gan.,.,.
    thx

    1. Mungkin perlu diinstall dengan cara klik kanan dan pilih “Run as Administrator” untuk Windows 7

  26. Setelah itu, tutup semuanya dan kembali cari icon wireless Bar di pojok kanan atas. Klik kiri dan pilih Auto Mobile Broadband (CDMA) connection.
    Tunggu sampai muncul gambar tower….

    Mas masalahnya pas saya klik kiri, seharusnya dia muter sebelum keluar gambar tower di ubuntu saya gak muter. dia diam saja, kemudian keluar tulisan disconnected. kenapa ya? info ya ya… thank you

    1. Pakai Ubuntu versi yang mana? Sudah disetting atau belum? (NUMBER: #777; USERNAME: smart; PASSWORD: smart)

  27. mas,
    maaf saya dapat warisan modem smart Axesstel MV140B dari kakak,
    saya download drivernya di indowebster. dan sudah saya instal di laptop saya, berhasil!
    tapi saat saya coba colokin modem tersebut ke laptop, ga terdetect, ga ada instruksi atau pop up apapun mengenai modem tersebut. saya coba klik icon axesstell yg saya install tadi di desktop tapi tetep fail (krn ga ada modem yg connect katanya)

    apakah ini karena saya belum membayar biaya prabayar smart?
    apakah jika pulsa tidak mencukupi akan berpengaruh terhadap terdetect atau tidaknya modem tersebut?

    mohon pencerahannya. (lieur euy)

    fyi: say menggunakan OS Windows XP.

    Salam,
    dyah

  28. dah pake ubuntu 9.04 nih,,,tapi pas mau conect smart malah minta password….ada yang tau ga password nya????

  29. saya mo nawarin modem axesstel baru dan segel…dah dapat bonus paket platinum 100 hari….saya kasih buat teman2 550 ribu aja free ongkos kirim (utk jawa dan sumatera) hubungi di 021-92407219/081274573350

  30. mas.. saya pake vista home premium.. ga bisa di install..

    sampe frustrasi install nya,. tapi kok g mau2 juga..

    ada saran ?

  31. ceritanya saya baru dapat warisan modem mv140b tetapi saat mau instal kok ga ada datanya di modem,nyari2 driver ga ada,tolong kalau ada kirin ke e-mail yaaaaa….
    pusing nih nyarinya…
    supriyantoe@plasa.com
    buat win-xp

  32. mas, kok punya saya sering habis sendiri baterainya kalo lagi dipake?
    kalo dicharge pake charger sambil dipake online nggak apa-apa mas?

    1. Mestinya ketika terhubung ke PC, batere sekaligus akan terisi. Mungkin USB-nya tidak ada aliran listrik yg cukup utk charging. Pake port USB yang ada di belakang PC.
      Saya sering dicharge sambil online, kerugiannya ya batere cepet aus dan baterenya jadi ‘gemuk’/mengembang karena kepanasan

  33. newbie nie..kl modem cdma ax by alltronix bisa gak bro?q coba gak bisa2..emank msh pemula nmie ma linux…thanks bantuan nya

    1. Belum pernah pake alltronix, kebanyakan yg model USB sudah dikenali di Linux, yang perlu dioprek yg ada tambahan drive/slot Micro SD

    1. klo masih di produk w mau pesan satu truk modem,buat di gantungin di leher…kwkwkwkwk
      kompir masih jh yah klo ada yg mau jual modemnya ke nomr w.02195523324

  34. Bang, kanapa modem EVDO smart saya gak ada connection bila di dalam rumah dan connection nya bagus bila di luar rumah saya? pas masuk pintu rumah saja sdh gak connect lagi.

    1. Sinyal-nya Mas….
      Kalau diluar mungkin bisa dapat sinyal EVDO, pas di dalam rumah cuma cdma 1x.
      Ada yang pakau model penguat sinyal macam wajanbolic/bazoka….googling aja…

  35. Halo sodara Anabrang 🙂 salam kenal ^.^

    saya seorang yg cupu banget n bru aja jdi user linux ubuntu n sangat tertarik dgn koneksi ev-do ane mo nanya modem apa aja yg support ke os ini?

Leave a Reply

