Update:

Perhitungan besaran bea Masuk sudah berubah dengan Peraturan Menteri Keuangan NOMOR 182/PMK.04/2016 tentang KETENTUAN IMPOR BARANG KIRIMAN

Bagian Ketiga
Pengeluaran Barang Kiriman Yang Diimpor untuk Dipakai
Pasal 13
(1) Barang Kiriman yang diimpor untuk dipakai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1) huruf a, dapat diberikan pembebasan bea masuk dengan nilai pabean paling banyak FOB USD100 (seratus United States Dollar) untuk setiap Penerima Barang per kiriman.

(2) Dalam hal nilai pabean Barang Kiriman melebihi batas nilai pabean sebagaimana dimaksud pada ayat (1), bea masuk dan pajak dalam rangka impor dipungut atas seluruh nilai pabean Barang Kiriman tersebut.

 


Update ==> Perhatian:

Sebaiknya hindari dulu pembelian ke Aliexpress, ada beberapa kasus yang muncul beberapa waktu terakhir ini yang mungkin dapat merugikan pembeli.

Berikut ada cerita dari customer dari luar Indonesia yang mengalami “hari buruk” gara-gara diberikan nomor tracking palsu. Silakan buka link dari techtablets. Salah seorang pembaca blog ini juga mengalami hal serupa. Sepertinya trik memberikan nomor tracking palsu sering digunakan Seller untuk menghindari sistem auto cancel atau pembatalan order otomatis ketika Seller belum bisa memenuhi pesanan pembeli. Hal ini terjadi karena sebenarnya si Seller tidak punya stock yang ready untuk dijual atau dengan kata lain, sebagian besar mereka adalah sekedar Reseller.

Jadi, ada baiknya untuk mencoba mengunakan alternatif lain yang lebih aman, seperti toko online dengan website tersendiri seperti geekbuying, gearbest atau banggood. Saya telah melakukan beberapa kali pembelian melalui 3 toko online tersebut dan barangnya sampai (meski waktunya lumayan lama juga). Nah, yang lebih penting adalah toko online yang memberikan alternatif pembayaran yang aman melalui paypal. 

Membeli barang secara online bukanlah hal yang aneh semenjak menjamurnya warnet di awal tahun 2000-an. Dulu pernah beli sepeda dengan memesan via website ketika orang masih merasa ragu untuk bertransaksi melalui internet. Bahkan, karena sudah terbiasa beli via online, pernah hampir terjebak membeli barang dari penipu yang mengiklankan via website.

Waktu itu, dia mengiklankan gadget dengan harga setengah dari harga asli saat itu. Iklannya kelihatan cukup meyakinkan. Untungnya, masih ada teman yang mengingatkan bahaya penipuan yang sudah mulai merambat ke dunia maya.

Akhirnya, sebelum transaksi, teman saya mengontak kerabatnya yang kebetulan tinggal di daerah si penjual penipu tersebut. Alhasil, toko dengan alamat yang ada di iklan tidak pernah ada. Alhamdulillah, masih dilindungi dari penipuan.

Model Pembayaran

Sejak saat itu, saya selalu membiasakan riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. entah dengan googling ID, nomor HP atau nomer rekening yang digunakan. dan yang terpenting, selalu menggunakan perantara pihak ketiga seperti rekening bersama untuk memastikan keamanan “uang” yang ditransfer ke penjual.
Nah, untungnya saat ini sebagian besar toko online sudah menggunakan model “rekber” ini seperti tokopedia, bukalapak, lazada dan lainnya.

Salah satu toko online yang menawarkan gadget yang belum ada di Indonesia adalah Toko Aliexpres (aliexpress.com).
Sebelumnya, saya coba dulu dengan membeli barang dengan harga tidak terlalu mahal untuk test case dulu di toko online luar negeri, misalnya geekbuying.

Geekbuying saya pilih karena saya belum banyak paham toko online yang menjual gadget dari China dan dia menawarkan model pembayaran melalui paypal.
Paypal sendiri saya kenal karena pernah beberapa kali melakukan pembelian dan bahkan penjualan barang via ebay. Waktu itu ketika masih nyari ilmu di negeri tetangga.
Pengalamannya juga beragam, pernah menghadapi penjual yang ramah sampai yang “kurang baik” sampai saya harus menyampaikan “dispute” ke pihak ebay.

Tahun ini juga pernah mengalami masalah dengan penjual di Ebay, barang tidak pernah sampai ke tangan saya. Masukkan “dispute”, alhamdulilah bisa balik meskipun telah terpotong atau penjualnya yg hanya mengembalikan sebagian. dan nilainya memang tidak besar.

Jadi, kita juga tetap harus hati2 meskipun sudah ada model rekber karena masih banyak celah yang bisa merugikan kita.

Bermodal dari pengalaman itu, kita sebaiknya selalu melihat reputasi seller dan banyaknya transaksi seller tersebut. berdasarkan pengalaman, sebenarnya harga barangnya “terbilang” masih mahal dibandingkan dengan harga lokal di sana. Namun, sekali lagi, penekanan di sini adalah kita mencari barang/gadget yang memang belum beredar di Indonesia. Jika sudah ada di Indonesia, harganya sebenarnya gak jauh beda (asal pembandingnya seperti dengan harga jakartanotebook misalnya).

Pengalaman membeli di atas USD200

Terakhir saya transaksi di atas USD200 adalah ketika membeli Ipaq 2750 via eBay, itu pun saat masih di negeri kanguru, di mana saya masih merasa aman dengan adanya paypal. Namun semenjak itu, jarang sekali melakukan pembelian online kecuali di toko online nasional yang memang sudah memiliki reputasi.

Nah, karena masih ngeri transaksi dengan jumlah besar, akhirnya saya mencoba mencari alternatif model pembayaran yang relatif aman (saya sendiri belum merasa ada yang bener2 aman). Sasaran saya adalah membeli di aliexpress karena harga di sini relatif jauh lebih murah dibanding geekbuying atau toko lain yang mengiklankan diri via web detik. Ternyata, model aliexpress itu sama dengan lazada dan yang semacam sehingga sebenarnya masih relatif lebih aman. Cuma saya ingin ada “tambahan” keyakinan minimal bisa bayar via paypal misalnya. Tetapi, Aliexpress tidak menawarkan itu. Akhirnya, cari informasi lain sehingga sampai kepada model kartu seperti Neteller, yang sebenarnya adalah kartu debit yang harus diisi dulu sebelum transaksi. Tentunya ini untuk mengurangi risiko menggunakan kartu kredit citibank saya yang sebenarnya bisa dipakai untuk keperluan itu. Cuma saya tidak merasa aman untuk “menebar” nomor kartu kredit ke website luar….masih ngeri dengan risikonya.

Akhirnya, coba buka akun neteller. Persoalan baru muncul,bagaimana cara mengisi neteller secara aman? ternyata agak susah juga nyari seller yang menjual deposit ke neteller. Ada juga risiko saldo neteller yang dijual “berasal” dari yang aktivitas “tidak legal” sehingga ada kemungkinan di tolak.

Doku Wallet

Karena mentok, akhirnya coba mempelajari model pembayaran di Aliexpress. Walah-walah….ternyata toko online ini sudah lama menyasar pasar Indonesia yang masyarakatnya konsumtif dan suka dengan gadget baru….Baru tahu kalau dia sudah bekerjasama dengan Doku Wallet (dokuwallet.com). Saya tadinya melihat satu ikon merah dengan tulisan doku. Saya cari tahu ternyata itu adalah logo doku wallet.

Akhirnya, saya buka akun doku wallet. jreng-jreng….akhirnya sudah dapat akun. Alamaaaak, ternyata doku pake pembatasan saldo maksimal. Waktu buka awal cuma dapet maksimal 1juta. Gimana bisa buat mbayar transaksi yang di atas 1Juta?

Karenanya, saya harus mengajukan dulu kenaikan batas saldo maksimal dengan keharusan mengupload kartu identitas. Sudah dua hari saya upload, tapi gak juga ada respon. Terpaksa telepon langsung ke doku wallet. Ternyata, yang dikatakan diwebsite tidak sepenuhnya benar,katanya cukup 2×24 jam. Buktinya setelah 2 hari, belum tentu ada respon. Jadi, sebaiknya Anda telpon saja langsung ke Doku Wallet buat naikin batas saldo.

Ehmm…Kebeli juga…

Singkat cerita, jadilah saya beli Tablet dual boot windows android Kitkat, Teclast X98 air 3G (nantikan review dari saya, khusus mengenai tablet ini. Tablet ini memang saya incar sebagai pelengkap (atau mungkin malah menggantikan) fungsi Surface Pro saya yang kelewat berat untuk ukuran tablet. Surface pro gak nyaman buat di tenteng2 saat ngajar….abot Mas….

Hasil dari googling, ternyata menurut website resmi Teclast, hanya ada 1 distributor atau reseller resmi yang jualan di Aliexpress. Dan momennya memang pas…saya sudah menunggu paling tidak sebulan sebelum memastikan bahwa batch yang saya beli sudah lebih oke produksinya dan softwarenya sudah lebih matang…

Sellernya adalah Shenzhen OKQI Electronics Mall, dan ditilik dari harganya pun termasuk murah dibanding seller lainnya. Yang terpenting, ini adalah versi yang dual boot….titik.

Sebenarnya agak riskan juga beli barang menjelang waktu natal. Bisa dibayangkan pasti lagi benar2 peak season untuk transaksi maupun untuk lalu-lintas pengiriman barang. Tapi karena kadung sudah kebelet, hal itu tidak masuk dalam pertimbangan hehehe…

Ternyata oh ternyata, cerita mbulet2 di atas itu sebenarnya bisa disingkat dengan jelas dan ringkas….Aliexpress bisa pake pembayaran lain selain Kartu Kredit atau Doku…..dan bisa pake Mandiri Click pay….walah-walah….mestinya kalau sudah tahu dari awal, gak perlu susah payah sampai mundur 2 hari karena nunggu verifikasi saldo maksimal…..

Intinya, saya kurang banyak “riset”nya…..hehehe….

Akhir cerita, tablet Teclast tersebut akhirnya sampai juga di tangan. Cukup lama juga prosesnya mengingat si seller sebenarnya pake EMS yang sampainya juga cepat. Cuma saya yakin karena memang bulan ini volume transaksi memang lagi gila….(menjelang natal tentunya). Dari proses order sampai dengan barang diambil di kantor pos butuh waktu 2 minggu-an. Mungkin kalau bukan bulan Desember, harusnya nyampai lebih cepat.

Selisih Nilai Perhitungan Bea PPh dan PPN

Saya masih punya penggalan cerita yang tersisa dari pengalaman ini. Salah satunya adalah yang terkait dengan penghitungan bea PPH dan PPN barang yang kita beli. Dari pengalaman pertama ini, ternyata Seller suka membuat invoice yang “under value” banget dengan nilai sebenarnya. Akibatnya, yang kesulitan adalah teman2 pemeriksa di bea cukai Bandara atau port setempat.

Nah, punya saya yang harganya USD229 termasuk freight in ternyata hanya ditulis sebesar USD45 dengan deskripsi yang beda pula dengan isinya. Wajar saja kadang kalau pihak pemeriksa memberikan penilaian yang tidak akurat, karena mereka harus menebak berapa harga seharusnya….

Makanya, sangat disarankan untuk memberikan pesan kepada Seller untuk mengisi harga dan deskripsi yang benar mengenai barang yang ada dalam box. Yang terjadi di saya, Petugas bea cukai membebankan dengan harga senilai USD250, harga yang masih wajar mengingat banyak juga website lain yang menjual dengan harga lebih mahal. Selisihnya sebenarnya masih tidak terpaut jauh.

Namun, ada juga aturan lainnya terkait perhitungan PPHnya yang ternyata dipukul rata dengan asumsi pembeli dari Indonesia tidak memiliki NPWP misalnya. Asumsi ini sangat logis juga sebenarnya, mengingat sebagaian besar penduduk Indonesia belum sadar terkait pajak.

Untuk pembelajaran, saya kemudian tetap menyampaikan keberatan kepada pihak Bea Cukai, yang saat ini masih dalam proses juga. Jadi, saya juga ingin menguji bagaimana respon atas keberatan ini, yang mungkin akan menjadi bahan cerita saya pada saat mengajar.

Bagi teman-teman yang ingin sedikit memahami mengenai impor, mungkin ada baiknya menengok website Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta di sini.

Untuk panduan perhitungannya ada di link berikut ini:

Semoga bisa bermanfaat juga buat pembaca blog ini.

Sekian dulu celotehnya….

Wassalam

25 Desember 2014

Update:

8 Januari 2015

Tanggal 6 Januari saya telpon Kantor Pos tempat saya mengambil barang dan diberi tahu bahwa telah ada koreksi pengenaan bea pph dan ppn untuk saya.

Welldone BC! Thanks buat teman2 di Kantor BC Soetta yang menangani pemeriksaan dan penghitungan barang impor.

Akhirnya, hitungannya tepat sebagaimana yang seharusnya. Sebagai bahan pelajaran, jangan lupa meminta Seller untuk mencetak invoice yang sebenarnya dan apabila mungkin di buatkan alamat url yang dipendekkan (misal pake goo.gl) yang mengarah langsung ke produk yang kita beli, agar mempermudah petugas dalam mengidentifikasi dan menghitung bea masuk. Dan mungkin menulis nomor NPWP di bawah nama atau alamat agar tidak kena tarif yang dua kali besarnya.

Untuk review tabletnya (Teclast X98), tunggu di blog saya…

Advertisements

104 thoughts on “Membeli barang di atas USD200 di Aliexpress – Toko Online China

    1. Yang jelas, karena saya punya NPWP, kenanya hanya 17,5% saja Mas. Perhitungannya bisa dilihat di website Kantor BC di artikel. Sebelum saya komplain, kenanya 600ribuan (karena harga juga terlalu tinggi). Setelah menyampaikan NPWP, kenanya sekitar 400ribuan.

      Untuk review, ditunggu saja, lagi ada deadline pekerjaan di Kantor.

  1. Thanks bwt sharingnya bro. Kebetulan sy pgn order tablet dari aliexpress, dan searching ttg cukai, dan akhirnya nyampe ke blog ini. Jadi itu tablet kena pajaknya brp bro? Ga jadi kena pajak dari USD45 ya? 😀 😀

    1. Yang jelas, karena saya punya NPWP, kenanya hanya 17,5% saja Mas. Perhitungannya bisa dilihat di website Kantor BC di artikel.

  2. mau tanya ni bang, ane jga beli tablet dg merek yg sama. yg saya tanyakan di status ems nya kuk (Processing document by Customs)mulu ya. ni knp?? dan apakah barang tersebut dianter kerumah ane atau ane ambil sndri dikantor pos nya, trims

    1. Wah, prosesnya memang bisa lama Mas….Saya waktu beli pas akhir tahun (peak season jual beli online), walhasil, sampai ditangan bisa sampai 1,5 bulan…. (ini yang pake pos EMS ya).
      Dari tanggal Processing document by Customs itu bisa sampe sekitar 1 mingguan, mungkin bisa kurang jika lagi tidak musim padat akhir tahun.
      Apalagi yang gak pake tracking, bisa lebih lama.
      Tapi, jika beruntung, proses bisa cukup 2 mingguan saja.

      Jika sudah terlalu lama, mending tanyakan langsung ke Kantor Pos (saya tinggal di tangerang, Kantor Posnya biasanya Kantor Pos Ciputat)
      Kalau Jakarta saya tidak tahu.

  3. Selamat Siang.. Salam kenal mas..
    Kalo sy mau mulai resell barang-barang di Aliexpress, berarti sy harus punya NPWP dulu..??
    minta kontak person yg bisa dihubungin kalo boleh.
    Mau tanya-tanya dulu sebelum melangkah..

    Thanks

    1. Mungkin kalau Reseller, terlalu riskan Mas. Karena barang kiriman dari China itu kayak main judi saja sifatnya…untung-untungan, kadang dapet bagus kadang barang rusak sampe ke tempat kita.
      Langkahnya mending lebih ke arah importer, punya API – angka pengenal importir. Jika untuk itu, mending ke asosiasi importir saja. Untuk yang ini, saya tidak punya pengalaman.

      Jika sekedar beli buat keperluan sendiri atau jual 1 – 2 barang masih oke lah.
      Untuk mendapat NPWP, bisa didapat secara mudah di Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan tempat kita bekerja.

  4. Salam kenal mas, saya rencanya pada awal mei 2015 ini akan bertransaksi barang tsb dgn ROM yg 64g. Mohon bimbingan dan informasinya. Saya sempat menanyakan ke penjual yg direkomendasikan oleh teclast (anna fang). Yang saya tanyakan adalah apakah bisa install aplikasi semacam adobe photoshop, m office 2007, corel draw, ataupun program2 yg pernah / bisa diinstal pada win7 ke bawah. Penjualnya mengatakan tidak tahu, tapi kalo untuk file yg berekstensi “exe” itu bisa. Mohon infonya ya mas.. tq sblmnya

    1. Saya belum pernah coba install. Tapi, ini windows 8.1 desktop, bukan versi RT. Jadi, menurut saya kemungkinan besar masih bisa diinstall program tersebut.

      Jika punya aplikasi yg hanya jalan di Windows XP atau 7, coba install Virtual Box saja. Nanti di virtual box diinstall windows XP, Windows 7 atau bahkan install Linux.
      Saya sudah coba bahkan pakai versi Portable, cuma mungkin agak pelan.

      Untuk office, tidak perlu install. Dari sananya sudah ada Office, tinggal aktivasi saja.
      Kalau tdk salah, sekarang sedang promo, dg harga dulu yg sama dg 32Gb, bisa dapat yg 64Gb.

      Yang penting, beli versi yg 64gb, pastikan ke Anna untuk tes VGA (Jangan sampe kena masalah freezing saat main game 3D), pastikan utk minta dites microHDMI-nya dan wifi-nya, minta disetting bahasa atau inggris di languagenya (baik yg Android maupun Windowsnya) , serta pastikan ada google playstore di androidnya.

    2. Ok mas.. makasih infonya. Memang benar sekarang ini masih promo, saya
      semalam sudah transaksi, tinggal nunggu barang datang. Transaksi
      menggunakan Dokuwallet. Top Up melalui alfamart dan ternyata maksimal
      Top Up adalah Rp. 500.000. Akhirnya karena harga produk yang tertera
      adalah 3.036.000 maka sampe 7 kali Top Up. Sekali Top Up kena Rp7000.

      Mengenai spek, saya juga agak kuatir jika spek nya tidak sama dengan
      yang saya pesan (mengingat harganya turun dari bulan lalu). Saya
      pastikan untuk konfirm lagi spek dengan si anna.

      Oh ya mas, kalo boleh tahu pas waktu barang datang kira kira kena
      pajak berapa % ya dari total transaksi ? Saya baca info dari
      Aliexpress nya di invoice pembelian mereka mencantumkan nama “bingkai
      digital” dengan maksud pengenaan pajak bisa lebih rendah saat diterima
      buyers.

    3. Sebenarnya lebih enak pakai pembayaran bank Permata, tidak perlu top up.

      Pajak totalnya 25% lho, jika punya NPWP jadi 17,5%

  5. Saya sudah dapat email invoice nya, tapi harga nya jadi $22,99. Padahal saya sudah minta ke OKQI untuk mencantumkan harga yang riil. Apakah mereka sebetulnya ingin menghindari pajak pengiriman di negaranya ?

    1. Untuk yang itu, saya belum punya pengalaman riil. Sekarang ada yang sedang dalam proses (baru selesai dari Bea Cukai, tapi belum sampai kantor Pos). Pembelian terakhir ini saya juga minta harga riil dicantumkan dalam invoice. Nanti jika barang sudah tiba, saya update komen ini.

    2. Update comment terbaru:

      Hari ini, barang kiriman dari Aliexpress baru saya terima. Ternyata Seller telah melakukan yang saya minta, termasuk memasukkan harga real dan NPWP ke dalam Invoice.
      Jadi, BC telah menghitung dengan menggunakan patokan itu. Cuma masalahnya, ternyata Seller mencantumkan harga yang justru ketinggian….(harga biasa yg mereka tayangkan di web, bukan harga yang saya bayarkan).
      Saya mungkin salah, seharusnya dicantumkan sebesar uang yang kita bayarkan untuk item dimaksud.

  6. Wah saya baru mau pesan barang dengan harga gak sampe 150rb sih buat testimonial awal. Kan free shipping tuh k Indonesia kl pake china registered mail, nah pas sampe ke kita itu kena biaya lagi? Dulu saya pernah beli brang Di qoo10 dari cina, 3 mnggu sampe tp lewat pos pas sampenya dan itu gak ada embel2 biaya lain. Gmn tuh?

    1. Sepengetahuan saya, ada biaya tambahan paling banter sekitar Rp3.000,- an resmi dari Kantor Pos.
      Harga dibawah USD50 tidak kena pajak.

  7. Mohon pencerahannya ni,saya may pesan brng dr Aliexpress,peralatan elektronik,sekitar USD 400$, berarti, saya hrs mnta seller utk menulis harga real dan jenis nama brngnya,trmasuk memasukkan npwp saya ke invoice biar bs dpt pajak 17,5%,cm kalau pembayaran kita lewat atm bisa ga ya? mohon share pengalamannya dong pake atm,trims

    1. Pengalaman saya, Seller mau diminta mencantumkan besarnya pembayaran untuk barang yang dibeli pada Invoice, termasuk minta menuliskan NPWP kita di Invoice.
      Pembayaran ke Aliexpress bisa dilakukan lewat ATM Permata. Cek blog ini http://www.panduaji.net/2015/01/belanja-di-aliexpress-dengan-pembayaran.html.

      Pembayaran untuk transaksi terakhir saya ke Aliexpress juga saya lakukan via ATM Permata. Cuma saya tidak tahu mekasnismenya jika ternyata Seller wanprestasi (barang tidak pernah sampai ke tangan kita).

    1. Tergantung cara kita bertransaksi.
      Pada dasarnya, jika kita tidak berhati2, maka semua jenis transaksi online itu tidak ada yang aman.
      Pastikan Seller memiliki reputasi yang bagus, gunakan cara pembayaran yang aman (menggunakan jasa pihak ketiga sebagai perantara seperti Rekber, Ebay, Bukalapak dan yang sejenis), dan berdoa barang sampai dirumah Anda.

  8. Update :

    OKQI menggunakan jasa pengiriman melalui Singapore Post dengan tracking number DP100004067SG. Seller menyarankan menggunakan http://www.17track.com (apabila masih di china dan http://www.singpost.com (jika sudah keluar dari china). Namun dari tgl 5 – 12 Mei saya masih belum bisa melihat tracking nya. Kalo menurut pengalaman mas kira2 berapa lama tracking shippment sudah bisa muncul ?. Thanks..

    1. Update :

      Info penting. Hari ini saya baru saja dapat pemberitahuan bahwa singapore post menolak kiriman paket dari aliexpress karena katanya sejak ada perjanjian kontrak (entah kapan), singapore post tidak mengijinkan kiriman yg melebihi berat lebih dari 1 kg (teclast x98 nett weight 1,85). Saat ini barang tsb sedang dalam proses kembali ke china. OKQI menyarankan saya untuk melakukan submit dispute dan minta uang kembali. Saya masih nego dengan OKQI barangkali ada cara lain, misalnya melakukan pengiriman barang secara terpisah atau dengan jasa pengiriman lainnya.

    2. Berdasarkan pengalaman saya, ketika submit dispute, ada kemungkinan uang tidak kembali 100%. Mungkin akan dipotong beberapa % atau beberapa USD untuk semacam biaya administrasi.
      Bisa saja minta dikirim via EMS atau yang lainnya, tapi kemungkinan juga akan lumayan besar biaya pengirimannya.
      Saya tidak tahu apakah ini berlaku tidak hanya untuk Seller OKQI saja, karena kalau dilihat di Seller lain di Aliexpress, mereka masih menawarkan shipping via Singapore Post.
      Sebaiknya agak berhati-hati untuk transaksi dengan Seller yang lain di Aliexpress.

    3. Up date :
      Sejak tanggal 18 Mei 2015 dimana open dispute saya diterima oleh pihak seller (OKQI), saya berulangkali konfirmasi kepada pihak aliexpress mengenai kapan diterimanya refund. Akhirnya pertanggal ini refund sudah masuk ke rekening dokuwallet saya 100%.

      Sebenarnya pada saat saya masih proses menunggu dana refund tsb kembali, saya masih berkomunikasi dengan pihak OKQI perihal tertolaknya kiriman melalui singapore post saat di singapura. Kesimpulan akhirnya adalah jika ingin bertransaksi dengan OKQI, khususnya teclast X98 dual boot 64 Giga, untuk sementara ini belum bisa dilakukan menggunakan Singapore Post dan OKQI tidak punya opsi lain kecuali dengan jasa shipping tsb.

      Setelah ini saya akan coba bertransaksi dengan seller lain yang juga direkomendasikan oleh teclast yaitu QH store dengan opsi pengriman menggunakan EMS. Semoga info ini bermanfaat buat semua pembaca di sini dan akan saya update lagi perkembangannya.

    4. Terimakasih Mas, informasinya akan sangat berguna bagi teman2 yang ingin membeli Tablet.

      Mengenai Singapore Post, apakah itu berlaku untuk semua Seller di Aliexpress?

    5. Saya tidak tahu persis mas. Saya sempat juga iseng iseng menelpon langsung ke CS nya singapore post, tapi mereka nggak mau jawab kalo nggak sebutin kode trackingnya. Sementara saya lupa juga kodenya. Btw, perkiraan saya mengapa barang tersebut bisa tertolak karena mungkin OKQI menggunakan opsi jasa free shipping. Saya jadi teringat dengan jasa kiriman lokal kita “21Express” dimana kalo bobot paket kurang dari 1 kg biayanya bisa sangat murah. Saya sih sudah mencoba tanya seller lain yg kebetulan bukan firekomendasikan teclast tapi status nya 5 diamond. Mereka juga tidak mau mengirim ke Indonesia tapi dengan alasan yg berbeda.

      Saya perhari ini ingin coba transaksi dengan QH Store dengan menggunakan EMS. Mudah mudahan jika ini berhasil bisa jadi informasi yang agak melegakan.

    6. Up date :

      Lanjutan cerita yg sebelumnya…..
      Setelah dirasa yakin bahwa QH Store bisa kirim item yang saya maksud maka langkah selanjut nya adalah transaksi.

      Kalo waktu saya bertransaksi dengan OKQI harga $ 229,99 free shipping,
      Maka agar tidak terjadi barang direject lagi maka saya selanjutnya bertransaksi dengan toko QH Store $ 225,55 dan menggunakan jasa kirim EMS sebesar $ 7,68, total seluruh biaya $ 233,23. Cuma nambah Rp.100.000 waktu dikonversi ke rupiah. Btw saya juga baru tahu Pake EMS Eh.. ternyata harus transit juga ke singapura. Gak lagi yg bisa diperbuat lagi ya sudah akhirnya tinggal berdo’a aja semoga paket bisa sampe.

      Saya lihat trackingnya kalo dari cina tidak ada detail pengirimannya.Bahkan di track menggunakan EMS china juga tidak muncul sama sekali.

      Nah ini tracking perjalanan paket nya :
      OFFICE DATE TIME STATUS
      SINGAPORE SG 2015-06-04 13:48 Posting/Collection
      SINGAPORE SG 2015-06-04 14:48 Departure from outward OE
      KTSH IDJKTA 2015-06-07 21:34 Arrival at inward OE
      KTSH IDJKTA 2015-06-07 22:04 Airport Handling
      JakartaSoekarnoHatta 19000 2015-06-16 18:44 Departure from inward OE Adpis : 000440
      Bekasi 17000 2015-06-17 09:53 Arrival at delivery/Transit Office
      Bekasi 17000 2015-06-17 11:04 Departure from inward OE Adpis : 000050
      Bekasi 17000 2015-06-18 08:25 Arrival at delivery/Transit Office

      Sempet juga ngecek langsung ke kantor pos tukar udara di soetta. Maklum ini pengalaman pertama, jadi banyak kuatir & penasarannya kok barang belum dikirim kirim. Untuk perhitungan pajaknya saat ini terjadi selisih dari perhitungan yang sebenarnya karena saya dianggap tidak punya NPWP. Padahal saya punya dan sudah dicantumkan di alamat paket. Hadeeeh.. Kok bisa gitu ya? Kalo tanpa NPWP saya kena Rp. 613.000 dan kalo pake NPWP Rp. 429.000. Lumayan kan selisih Rp. 184.000.. Wuih.. Bisa buat makan makan bertiga tuh. Saya coba urus pengajuan keberatannya ke BC Soetta dan nego sama kantor pos untuk bisa diambil dulu barangnya dgn membayar sejumlah perhitungan awal kemudian minta refund kalo notul pembetulan pajak nya disetujui oleh BC Soetta. Nah.. Yang penting sekarang saya cukup senang karena barang nya udah ditangan bahkan sudah buat nulis comment ini hehehe… Kesimpulan saya terakhir adalah, kalo mau beli barang yang murah bahkan di bawah $50 memang lebih baik menggunakan jasa fre shipping, tapi kalo barangnya udah di atas $150, wah mendingan pake yg berbayar aja deh. Resikonya itu lho.. Saya sarankan menggunakan EMS aja. Yah… keluar ongkos dikit tapi aman, kalo pake macam D*L, apalagi FE*E*X (wah kalo yg ini gak recommended banget) emang lebih cepet sampe tapi harga jauh lebih mahal. Rencana nya saya juga mau buat blog sejenis ini untuk bahas lebih detil lagi khusus tipe merek ini (teclast x98 3G) kekurangan dan keunggulannya selama saya pake. Mas admin dipersilahkan kunjung2. Oke see u guys. Semoga infonya bermanfaat…

    7. Wah, selamat Mas Reza, akhirnya sampai juga barangnya. Untuk penggunaan kurir, memang lebih baik pakai EMS, yang lain banyak cerita buruknya.

  9. Saya ikut nimbrung ya…saya juga rencana mau beli tablet nih dari aliexpress yaitu tipe Pipo W3F. Untuk sebelumnya saya pernah terima miniPC senilai USD 120 tapi saya minta di invoice ditulis USD 50 sehingga waktu itu pake EMS tidak kena pajak.

    Yg saya mau tanyakan, apakah ada kasusnay yang ‘ketangkep’ waktu menyamarkan nilai invoice, khususnya waktu membeli tablet ini? soalnya kalau barang2 lain sih saya gak khawatir tapi tablet ini beda ceritanya..

    1. Secara logika, barang yang besar akan lebih menarik perhatian untuk diinspeksi atau dibuka petugas. Jadi, kalaupun disamarkan nilainya, saya yakin Petugas Bea Cukai tetap akan mencari nilai sebenarnya dari barang tersebut.

    2. Kalau kemarin mas anabrang masukin tablet teclast ini,paketnya (packagingnya) besar bgt mas? deskripsinya di paket ditulis apa?

    3. Ukuran paket besar. Untuk pesanan pertama (Teclast X98), saya baru pertama kali beli dg nilai besar dan belum tahu banyak perihal bea cukai. Jadi, waktu itu saya tidak minta Seller untuk mencantumkan harga asli atau meminta menuliskan deskripsi tertentu.
      Saat saya terima, Seller mencantumkan nama barang sebagai electronic picture frame dengan harga dibawah USD50.

      Untuk pengalaman kedua, justru saya minta Seller agar mencantumkan secara jujur harga dan nomor NPWP saya di invoicenya.

    1. Kalo beli handpone gimana ya gan? Apa pernah ada pengalaman? Saya juga udah sering beli di aliexpress tapi blm pernah beli elektronik . jadi riset dulu sebelum ribet

  10. Ane mau sharing pengalaman, kemarin akhirnya ngambil Chuwi Vi10 dari Aliexpress, sellernya Bloomberg Mikki dan pengiriman melalui EMS.

    Sampai Indonesia kira2 10 hari dan ane kena pajak bea cukai sekitar 160rb rupiah karena di pengiriman ditulis value of goodsnya USD 100.

    Dikirimin surat dari kantor pos untuk membayar pajak. Setelah membayar pajak, barangnya diserahkan dan ane pikir gpp lah kalo 160rb an masih masuk akal hehehe..

    Mengenai artikel ini, kebetulan ane juga member di techtablets dan memang ada seller yang memberikan info tracking palsu, jadi perhatikan kualitas feedback seller dan jangan tergiur harga murah.

  11. gan, kalo yg jual barang di ebay lewat sistem dropship dari aliexpress detail prosesnya gmn y?
    ane agak kurang paham soal itu.

    thx

    1. Biarkan harga dalam US Dollar,
      Besaran nilai pajak = (Harga + Ongkos kirim – USD50) X tarif Pajak

      Contoh, jika Harga + Ongkir = USD145, maka pajaknya (145-50)x25%=USD23.75.
      Total: 145 + 23,75 = USD168.75
      Pajak 25%, asumsi dasar, jika ada NPWP menjadi 17,5%

  12. Halo gan, mohon bimbingannya nih gan, ane juga pengen belanja di aliexpress, ane belum punya NPWP, kalo bisa sih mnta petunjuknya beli pake DOKU gan, nah disini ane pengen banget beli ini barang gan

    http://www.aliexpress.com/item/2-axis-BGC-Brushless-Camera-Gimbal-GoPro3-Controller-PTZ-aluminum-Full-set-of-parts/1823112998.html

    kan disitu freeshipping to indonesia, kira2 kena pajak berapa y gan? ane tinggal di kalimantan barat, kecamatan Tayan Hulu… mohon bantuannya ya gan, terimakasih

    1. Pilih Doku, pembayaran bisa via ATM Bank Permata, itu paling mudah.

      Menurut link, harga USD41,22. Karena harga di bawah USD50, seharusnya tidak kena bea masuk.

  13. Barang barang yang kena pajak tersebut bayar pajaknya ke siapa gan?
    Kekantor pos? Jadi barang hanya dikirim kekantor pos terdekat alamat pengiriman? Dan barang tersebut diambil sendiri kekantor pos sekalian bayar pajak?

    1. Betul Mas, pajaknya dibayar melalui Kantor Pos. Kantor Pos nanti akan memberikan salinan resmi perhitungan bea masuk dan pajak yang harus dibayar.

      Jika harus membayar bea masuk dan pajak, maka barang harus diambil sendiri ke kantor pos. Biasanya kita akan mendapat notifikasi dari petugas pos (notifikasi ini dikirim ke rumah) bahwa ada barang kiriman yang bisa diambil di kantor pos.

    2. Mau Sharing pengalaman lagi agan2,

      Saya beli barang di US, tepatnya di B&H Photo Video (www.bhphotovideo.com). Untuk photographer dan video professional,toko ini sangat lengkap.
      Saya membeli alat recorder dan beberapa macam kabel, dengan total sebesar USD 161.5, plus shipping USD 70 an (saya pakai USPS Priority Mail karena tidak berani pakai DHL walaupun lewat DHL lebih murah ,sekitar USD 46 an)
      Barang sampai dalam 11 hari kerja ke Denpasar, dan saya kena PPKP atau bea masuk sebesar Rp 450.000

      FOB USD 161.5-USD 50
      Insurance 0.882 Rp 1.797
      Freight USD 16.15
      CIF USD 128.5 * Rp 13.984

      Ppn 10% = 180.000
      Pph Pasal 22 15% = 270.000

      Total bayar dikantor pos 450.000

      Gak tau kalau pake DHL bisa kena lbh mahal mungkin.

    1. Scroll down website aliexpres, di bagian paling bawah ada beberapa logo terkait dengan model pembayaran dan kurir/ekspedisi pengiriman barangnya. Western Union ada di situ, kemungkinan bisa dipakai untuk membayar.

    1. Saat ini susah membendung arus e-Commerce, untuk pembelian 1 atau 2 buah tetap bisa, hanya memang bea masuk dan pajaknya yang lumayan besar. Yang memang sudah ketat saat ini adalah yang ada SIM Cardnya seperti HP atau tablet yang ada sim-nya, apalagi dengan aturan TKDN dan IMEI resmi.
      Ada baiknya menunggu yang resmi, seperti Product Teclast yang sepertinya sudah mulai masuk ke Indonesia secara resmi. Menurut saya, kualitasnya cukup baik, dibanding dengan Chuwi, Teclast masih di atasnya.

  14. Mas kalau saya beli acesoris 1koli/150dollar itu pajak bea nya ngitung per pcs barang atau 1 koli ( jadi saya mau beli beberapa acesoris dan di jual kembali )

    1. Selama ini saya beli untuk kebutuhan sendiri, sehingga nilainya juga tidak sampai USD50.
      Logikanya, pajaknya akan dihitung per total pembeliannya, bukan harga asesoris per item.

      Sebaiknya dibandingkan dulu hitungan besarnya diskon karena pembelian grosir dan hitungan pajaknya. Mending pembelian dipecah saja daripada kena pajak besar.

  15. Permisi mas @anangbrang, baru2 ini sy beli teclast x98 air 3g, cuma sy ada kendala.
    1. Memori card bisa terbaca di os windows 10 sedangkan untuk os android 5 gak terbaca, apa memang begitu atau teclast yg sy beli bermasalah?
    2. Sim card sama sekali gak terbaca meskipun sy sdh masukin sesuai di teclast. Kok bisa begitu ya?
    Mohon bantuannya…

    1. 1. SDCard tidak terbaca karena filesystem-nya tidak dikenali di Android. Sebagai contoh, biasanya memory card ukuran 32G ke atas dari awal terformat dengan filesystem exFAT. Agar bisa dibaca Android, format dulu ke FAT32 sebelum digunakan. Untuk memformat, bisa gunakan aplikasi seperti mini tool partition (http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html).
      Jika tidak mau format filesystemnya, Bisa install aplikasi MLUSB Mounter di Android. Namun, syarat utamanya, Android harus sudah di root terlebih dulu.

      2. Simcard sebaiknya dipasang dalam keadaan tablet sedang off (dimatikan dulu). Untuk memancing agar terbaca, klik saja icon Airplane mode (di on off-kan).

      semoga membantu

  16. Sy sharing aja belanja di aliexpress udah beberapa kali, selama ini lancar kecuali waktunya yg lama, rata-rata 1 bln. Udah pernah test mulai dari yg harga USD 2 smp yg USD 250 alhamdulillah nyampe. Yg penting liat kualitas seller dari review n badge nya. Btw sy juga beli produk teclast x98 tp versi yg awal… Tabletnya udah jalan 1,5 thn n masih awet, sdh dioprek dari android ke Windows balik lagi ke Android..

  17. Great Blog Gan…..
    Mohon info donk gan, saya mau beli HP yg harga’ny 48 dollar.
    Saya baru mau pertama ini mau belanja di ali express
    Apakah saya nanti kena pajak?
    Thank you gan…

    1. Salam mas,mgkn ni sy lg luck bs ktemu anda n bs ngasih pencerahan hehe…begini mas sy ni mau beli t shirt band queen di ebay dg harga $14.99(http://m.ebay.ca/itm/Queen-Fat-Bottomed-Girls-US-Tour-1978-Band-Logo-Licensed-Adult-T-Shirt-Grey-/142294703124?_trkparms=aid%253D222007%2526algo%253DSIC.MBE%2526ao%253D1%2526asc%253D20150519202400%2526meid%253Da3d9f144ad604b92a3f2e9d9b4dc1bc0%2526pid%253D100408%2526rk%253D1%2526rkt%253D25%2526sd%253D320419335996&_trksid=p2056116.c100408.m2460)
      Tapi sy bingung apa ntar msl udh sy bayar n sampai di indo msh hrs byr lg…sy dgr kl harga + shipping under $50 gk kena pajak…mohon mas bantuanya…sy gk py byk uang n ni sy cb lwt jasa order krn sy gk bs transaksi sendiri…n tentu jd tmbah mahal…sy ampek krim email ke VOA INDONESIA siapa tahu mrk mau sy titipi hehe..THANKS.

  18. Mau nanya, kalau misalnya beli bebeapa barang tapi tidak sampai USD200, apakah akan dikenai PPN atau PPH juga? Terima kasih banyak atas reviewnya. Sangat menolong dan membuka wawasan 😀

    1. Mas Anabrang, pernah punya pengalaman untuk retur barang ke seller aliexpress gak? Pake jasa shipping apa ya yang paling murah? Dari China ke Indonesia kan ngirim barang murah banget, nah kalo dari Indonesia ngirim ke CHina, apakah mau gak mau harus pakai EMS? Ada cara lain ga ya? (selain pihak ketiga spt UPS/DHL)

  19. mohon pencerahannya teman2….saya rencana baru pertama kali ini mau belanja dialiexpress, kalo dilihat difeedbacknya sudah 144 orang yang belanja product ini ,dan saya lihat ada orang indonesia juga yang beli barang ini…jd pertanyaan saya harus menggunakan jasa kurir apa..disana ada pilihan POS NL,singapore post yang bebas biaya pengiriman dan DHL kena US $ 16.84. karena saya tinggal dikabupaten disumsel.bagaimana barang bisa sampai ketangan saya,,karenapenjual tidak menggunakan jasa EMS.

    barang yang rencana saya beli ini barangnya…
    http://www.aliexpress.com/store/product/RunGee-4G-lte-IP68-Waterproof-Ulta-thin-Phone-5-inch-3200-battery-13MP-5MP-Camera-Shockproof/117492_32517759241.html
    trimakasih pencerahannya

    1. Sebaiknya menggunakan POS saja (jangan yang pakai kurir semacam DHL dsb, kecuali memang ingin cepat dan bersedia membayar biaya tambahan kepada mereka). Saya pribadi pernah punya pengalaman kurang menyenangkan dengan jasa expedited shipping (ada tambahan fee yang sifatnya umum untuk pebisnis importir, tapi memberatkan buat konsumen biasa seperti kita, semacam biaya administrasi, biaya penitipan dan/atau biaya administrasi bank yang jumlahnya tidak kecil )

  20. slamat sore bang anabrang…
    mohon pencerahannya bang..
    ini sya pertama kalinya saya tau aliexpress..
    gini bang..ini sya rencana pgn beli huawei mediapad m2 sharga kurang lebih $222.99 bang..
    itu smisal saya beli trus hitung2an nya kena pajak kira2 berapa bang ya?sedangkan di seller nya tertera free ongkir
    trus itu barang diambil apa diantar bang ya?
    mkasih bang

    1. Hitungannya adalah Harga barang + ongkir + asuransi (CIF) ditambah dengan PPN 10% dan PPH 15% dari nilai CIF – USD50.

      Untuk menghitung PPN dan PPh, 222,9 – 50 = 173 X (10% + 15%) = USD43,2. Jadi, pajaknya sebesar 43,3 dikali Kurs dolar saat diterima di BC.
      Jadi, total harga barang menjadi 222,9 + 43,2 = 266,2

  21. Ukuran paket besar. Untuk pesanan pertama (Teclast X98), saya baru pertama kali beli dg nilai besar dan belum tahu banyak perihal bea cukai. Jadi, waktu itu saya tidak minta Seller untuk mencantumkan harga asli atau meminta menuliskan deskripsi tertentu.
    Saat saya terima, Seller mencantumkan nama barang sebagai electronic picture frame dengan harga dibawah USD50.

    maaf bang mau nanya..
    pas abang beli tab itu apa nggk dibuka pas di bea cukai nya bang?
    trus klo smisal saya beli mi pad 2 kisaran skitar $222.99 itu klo kena pajak hitung2annya skitar berapa bang ya?
    klo bilang sperti abang ke seller nya kira2 di buka sama pihak bea cukainya nggk bang ya..
    mohon pencerahannya bang..
    maklum newbie
    mkasih bang

    1. Hitungannya adalah Harga barang + ongkir + asuransi (CIF) ditambah dengan PPN 10% dan PPH 15% dari nilai CIF – USD50.

      Untuk menghitung PPN dan PPh, 222,9 – 50 = 173 X (10% + 15%) = USD43,2. Jadi, pajaknya sebesar 43,3 dikali Kurs dolar saat diterima di BC.
      Jadi, total harga barang menjadi 222,9 + 43,2 = 266,2

  22. Mas jadi kalau misal ada saudara yang ada di luar negeri, mau kirim barang ke kita gitu. kita tetep harus bayar pajak ngambil nya ya?

    1. Saya kurang paham untuk model seperti ini. Namun, bisa jadi pihak Bea Cukai tetap mengenakan pajak karena banyak kasus pembelian dari luar negeri yang disamarkan sebagai GIFT atau Hadiah.

  23. Halo anabrang.
    selamat siang.
    jadi gini, saya berniat mau beli xiaomi mi 5 dengan harga $300 atau kisaran 4 juta.
    Saya sudah melihat komentar dari ats sampe bawah secara menyeluruh. Perhitungannya kan seperti ini.
    300-50=250×25% menjadi $62.5 jadi totalnya 300+62.5= $362.5 pertanyaan saya yg saya harus bayar berapa yah ke bea cukainya?
    kan saya beli dengan metode Free Shipping ( aliexpress standar ) , jadinya yg bakal saya bayar lewat kantor pos kan. lalu kantor pos akan menyuruh saya untuk bayar dan datang ke kantor pos nah bayarnya di kantor pos terdekat atau ke kantor pos pusat? trs dengan total $362.5 bea cukai akan menagih uang ke saya dengan harga berapa? mohon bimbingannya gan saya masih harus banyak belajar gan.

    1. sebesar pajaknya atau $62.5 saja yang harus dibayarkan ke bea cukai (bisa di kantor pos tempat mengambil barang)

  24. mas maaf mau tanya, kalau saya impprt Hape yang udah 4g apa keganjel TKDN ?
    dan harganya tuh $100 , free shipping. kena pajaknya berapa tuh? NPWP ada sih…

    1. Nilai di atas USD50 dolar pasti kena bea masuk dan pajak. Kalau pakai NPWP (alamat NPWP harus sama dengan alamat pengiriman), masih kena tambahan biaya sebesar 17,5% kali (100 – 50) = USD8,75

  25. Bang anbrang,
    Mohon pencerahan nya, saya beli hp xiaomi dari cina sebanyak 5 pcs, saya disarankan seller untuk pake NLpost karena saya tidak bisa clearance custom, apakah sampai di Indonesia saya masih diminta uang tambahan ?

    1. Kalau beli HP dalam jumlah banyak sepertinya bisa bermasalah di custom Gan. Sampai di Custom pasti kena bea masuk dan pajak dan akan ditanya izin impornya.

  26. Assalamuallikum bang anabrang.
    Saya mau minta pencerahan ini, saya mau beli hp seharga kurang lebih USD 250 dengan gratis pengiriman d aliexpress.
    Kira” saya kena bea masuk berapa ya bang mungkin bisa d bantu 😀
    Terimakasih

    1. Biarkan harga dalam US Dollar,
      Besaran nilai pajak = (Harga + Ongkos kirim – USD50) X tarif Pajak

      Contoh, jika Harga + Ongkir = USD250, maka pajaknya (250-50)x25%=200 x25%
      Total: 250 + 50 = USD300

      Pajak 25%, asumsi dasar (jika tidak punya izin sebagai importir dan tidak punya NPWP)
      Jika punya NPWP, maka tarifnya menjadi 17,5%

  27. Tanya gan,
    uang refund dr aliexpress sudah lebih dr 14 hr belum masuk. ane bayar pake DOKU, pihak foku nyaranin agar minta id refund ke aliexpress 21 digit…
    itu gan yang ane bingung

    1. Saya pernah pengalaman refund, tapi memakai paypal. untuk refund di aliexpress belum pernah. Mungkin lebih baik dikembalikan ke saldo akun di aliexpress saja seperti model dompet di bukalapak atau tokopedia.

    2. saya bantu info. sya pernah refund dari doku wallet 100%, pihak aliexpress punya SOP pengembalian minimal selama 14 hari kerja, Silahkan coba tanya pihak aliexpressnya langsung

  28. Salam mas,mgkn ni sy lg luck bs ktemu anda n bs ngasih pencerahan hehe…begini mas sy ni mau beli t shirt band queen di ebay dg harga $14.99(http://m.ebay.ca/itm/Queen-Fat-Bottomed-Girls-US-Tour-1978-Band-Logo-Licensed-Adult-T-Shirt-Grey-/142294703124?_trkparms=aid%253D222007%2526algo%253DSIC.MBE%2526ao%253D1%2526asc%253D20150519202400%2526meid%253Da3d9f144ad604b92a3f2e9d9b4dc1bc0%2526pid%253D100408%2526rk%253D1%2526rkt%253D25%2526sd%253D320419335996&_trksid=p2056116.c100408.m2460)
    Tapi sy bingung apa ntar msl udh sy bayar n sampai di indo msh hrs byr lg…sy dgr kl harga + shipping under $50 gk kena pajak…mohon mas bantuanya…sy gk py byk uang n ni sy cb lwt jasa order krn sy gk bs transaksi sendiri…n tentu jd tmbah mahal…sy ampek krim email ke VOA INDONESIA siapa tahu mrk mau sy titipi hehe..THANKS.

  29. Mas anabrang. Saya belo smartwatch via gearbest. Harga awalnya $110. Waktu sy beli ada flash sale harga plus kirim via Nedherland post $78. Itu kena pajak ga ya?. Stelah cek email sy liat ternyata seller tulisnya $20 saja. Tks

    1. Ada aturan baru dimana pajak dikenakan untuk barang di atas USD100, sehingga jika harganya di bawah USD100, seharusnya tidak akan dikenakan pajak.

  30. Tanya: Sekarang tahun 2017 nih, kalau beli barang di aliexpres harga barang + shiping EMS = 200$ kira2 masih kena pajak berapa ya? ( hitungan shipping nya EMS sekitar 500 ribu rupiah ). Lalu maksud dari biaya2 pajak sudah dihitung dan dibayar oleh seller itu gimana? Terima kasih sebelmnya.

    1. Aturan sekarang, jika di atas USD100, maka akan kena pajak dan bea masuk. Cara menghitungnya lebih sederhana (namun menjadi lebih mahal), kalikan langsung nilai barang + shipping dengan tarifnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s