Dunia Digital, Tablet

Teclast X89 – Mini Review

X89 Spesifikasi:

  • Operating System: Android 4.4 & Windows 8.1 OS (Dual Boot)
  • Shell Material: Plastic
  • Display:  7.9 Inch, 2048*1536, IPS Retina capacitive touch screen ( 5 points)
  • CPU Intel Bay Trail-T Z3735F Quad Core 1.83GHz
  • RAM 2GB, Drive eMMC 32GB, support Micro SD
  • Camera: Front: 2.0MP, Back: 5.0MP (Autofocus)
  • HDMI: Up to 1080p
  • 3G: Supporting external 3G modem
  • Bluetooth: 4.0
  • GPS: NO
  • G-Sensor: Four way
  • Power: Li-ion battery, 5000mAh, Charging Voltage: DC 5V, 2A
  • Wireless Protocol: 802.11 b/g/n
  • Dimensions: 200 ×138 ×7.4mm
  • Connectors Ports
    • 1 x Micro USB Port
    • 1 x Earphone jack
    • 1 x Micro HDMI port
    • 1 x Micro SD Card slot

Tablet ini meniru bentuk dan ukuran Ipad Mini. Inilah yang membuat saya tertarik untuk membeli. Sementara itu, meski mirip dengan Ipad Mini, peletakan kamera dan beberapa tombol fisik sangat berbeda, tidak seperti merk lain yang benar2 persis sama dengan Ipad. Selain itu, tidak ada tombol untuk Home.

Oke, terlebih dahulu, saya akan ulas dari sisi kelebihan tablet ini. Pertama Berat tablet ini hanya sekitar 300gr, cukup pas jika digunakan untuk browsing atau membaca ebook sambil tiduran. Kelebihan kedua, resolusi layarnya sudah retina display (2048 x 1536). Untuk keperluan membaca eBook, resolusi sebesar ini sudah menjadi keharusan buat saya yang berkacamata minus. Selain itu, Fitur-fitur lain yang saya anggap sebagai kelebihan tablet murah ini adalah konektivitas HDMI yang bisa digunakan untuk menampilkan ke monitor/layar kedua, fitur dual boot Windows 8.1 / Android 4.4 serta tentunya harga yang cukup murah (sekitar 2,3 juta sudah termasuk pajak bea masuk). Saat ini, untuk level harga yang sama, di pasar lokal belum ada produk yang sekelas. Yang baru terlihat adalah produk Advan yang resolusi dan RAMnya kecil. Produk Axioo yang level menengah-pun masih kalah speknya dibanding Teclast ini. Untuk pasar internasional, sebagai informasi tambahan, saat ini sudah ada pre-order untuk Chuwi Hi-8 dengan spek yang tidak terlalu jauh beda dengan Teclast X89 namun dengan harga yang jauh lebih murah. Di situs Gearbest, produk ini ditawarkan hanya $117!

Berikutnya, Bagaimana mengenai kekurangan tablet ini?  Pertama, kekurangan yang paling terlihat adalah kualitas screen/display. Jika diletakkan berdampingan antara Teclast X89 dan X98, maka akan terlihat jelas bahwa warna pada layar X89 lebih pucat dibanding X98. Saturasi warnanya jauh lebih bagus pada Teclast X98. Saya kurang paham apakah mungkin ada perbedaan di VGA yang digunakan atau kualitas displaynya. Jadi, bagi yang mungkin tertarik untuk mengambil tablet ini, pertimbangkan dulu apakah masalah warna ini menjadi kriteria atau tidak. Kelemahan kedua, tablet ini cepat panas jika dipakai untuk game. Sebenarnya X98 juga memiliki masalah sama, cuma tidak sepanas yang X89 (menurut penilaian saya pribadi). Mungkin bisa jadi karena saya memakai casing plastik sehingga panas tidak terbuang keluar dengan cepat. Bisa jadi karena setting thermal throtle-nya yang agak beda, Saya amati, pada tablet X89, saya belum pernah mendapat pesan thermal throtling sama sekali. Beda dengan X98 yang akan otomatis mengurangi kecerahan layar (brightness) ketika mencapai suhu tertentu. Sudah saya coba melihat settingnya konfigurasi thermal throtling dan yang terkait, namun tidak ada perbedaan yang berarti (mirip). Selain dua masalah tadi, ada satu kekurangan lain yang saya rasa bisa menjadi ganjalan, yaitu kapasitas baterai yang kecil. Jika dipakai terus-terusan untuk main game dan wifi-on, tablet ini cukup cepat untuk kehabisan tenaga. Bahkan hanya sekedar browsing saja, persentase penurunan terasa lebih kencang dibanding X98. Hal ini wajar karena X98 kapasitasnya jauh lebih besar.

Sementara itu dulu kesan pemakaian tablet X89. Update informasi baru, akhirnya muncul juga tablet China yang sudah menggunakan Core-M, Baterai besar dan ada wacom-stylusnya!!!! tentunya dengan harga yang jauh lebih murah dari Microsoft Surface….bisa jadi, ini akan menjadi buruan selanjutnya. Sumber berita dari Gizchina.

6 Juni 2015,

Agung

10 thoughts on “Teclast X89 – Mini Review

  1. Bro mohon bimbinganya, niat saya ingin order teclast x98 3g air di alirxpress.
    Yg sy bingungkan, saat order ada beberapa pilihan
    -teclast android(termurah $160)
    -teclast dual boot windows 32gb
    -teclast dual boot windows 64gb
    -(dll sampai pilihan termahal)
    Saya menginginkan os windows
    Jika saya nanti memilih opsi 1/termurah apakah hanya single boot android saja tapa windows?
    Atau saya harus memilih kedua keatas?
    Terimakasih

    1. Bro mohon bimbinganya, niat saya ingin order teclast x98 3g air di alirxpress.
      Yg sy bingungkan, saat order ada beberapa pilihan
      -teclast android(termurah $160)
      -teclast dual boot windows 32gb
      -teclast dual boot windows 64gb
      -(dll sampai pilihan termahal)
      Saya menginginkan os windows
      Jika saya nanti memilih opsi 1/termurah apakah hanya single boot android saja tapa windows?
      Atau saya harus memilih kedua keatas?
      Terimakasih

    2. Jika ingin OS Windows, jangan ambil yang versi termurah, karena itu hanya android saja.
      Agar tak bermasalah buat kekurangan space buat install program, pilihan yang bagus adalah yang dual boot 64Gb storage.

  2. Pak Agus apakah Teclast X89 dan Teclast X80 Pro support ke Amibroker..? Kalau melihat spec-nya kemungkinan bisa karena berbasis windows, tapi apakah bisa runing well..? Saya memilih ke dua tablet itu karena ukurannya yang kecil agar mudah dibawa-bawa. Selama ini saya memakai Amibroker di laptop. Tx b4.

    1. Tablet Dual boot biasanya berbasis windows 8 atau windows 10, bukan windows RT sehingga kemungkinan bisa menjalankan aplikasi Amibroker dimaksud.

  3. Salam …
    Boleh saya tanya mengenai kondisi teclastnya sekarang .. yg kita tau mengenai produk dari china adalah kurang durabelitas atau ketahanannya ..

    thkss

    1. Berdasarkan pengalaman memakai produk tersebut, Saya TIDAK merekomendasikan merk ini. Produk yang saya miliki sudah tidak bisa dipakai secara normal. Masalah terbesarnya ada di baterai, prosesor dan VGA-nya.
      Durabilitasnya setara dengan harganya, ada beberapa cacat dalam desainnya sehingga menyebabkan masalah serius di ketahanan disamping karena prosesor intel sendiri masih cukup panas jika hanya menggunakan pendinginan pasif (tidak pakai kipas.
      Jadi, Lebih mending membeli yang ada distributor resmi di sini sehingga jika ada masalah, spare part akan mudah ditemukan.

  4. Saya lupa pasword adiministrtor untuk booting nya agak sulit mohon bantuan nya .tipe yg saya punya treclast x89 kindow

Leave a Reply

